Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persahabatan serta Korelasinya dengan Momen Liburan Natal dan Tahun Baru

Persahabatan serta Korelasinya dengan Momen Liburan Natal dan Tahun Baru

Persahabatan serta Korelasinya dengan Momen Liburan Natal dan Tahun Baru - Persahabatan memegang peranan penting dalam hidup kita. Ya, mereka memang kerap membuat kita bingung, menentang kita, bahkan membuat kita mempertanyakan mengenai makna pertemanan itu sendiri.

Berbicara tentang persahabatan mengingatkan saya akan kutipan lagu berjudul “Sahabat untuk Selamanya”. Lagu tersebut dipopulerkan oleh Grup Band PADI, yang selalu saya dengarkan melalui platform musik menggunakan paket internet cepat. Seperti ini liriknya, “Sahabat untuk selamanya, berbagi dan saling menjaga, kau dan aku sahabat, untuk selamanya”. Karena lirik lagu tersebut saya kemudian menyadari bahwa persahabatan ternyata sama krusialnya dengan kesehatan mental.  

Bukan tanpa alasan, dikutip dari riset Health Psychology (2004) yang aku temukan menggunakan wifi IndiHome di rumah, mengungkapkan bahwa kekuatan persahabatan bahkan mencegah keterpurukan seseorang yang kehilangan pasangannya. Adanya dukungan dari orang-orang terdekat mampu memberikan kekuatan dan mencegah terjadinya depresi. Hal ini semakin membuktikan bahwa mempunyai sahabat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang.

Yuk, rayakan moment kebersamaan bersama sahabat terdekatmu. Apalagi menjelang moment liburan natal dan tahun baru sudah tinggal menghitung hari. Jadi, apa korelasi persahabatan dan kebahagiaan di moment liburan natal & tahun baru? Yuk, sama-sama kita ulas disini ya.

1. Hidup menjadi lebih tenang

Satu hal yang kerap diabaikan adalah bahwa persahabatan ternyata memegang peranan penting untuk membuat pikiran dan tubuh kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persahabatan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh serta mendapatkan asupan makanan yang baik. Memiliki pertemanan yang kompak dapat menjaga kesehatan otak serta membantu kita dalam menentukan pilihan hidup lebih baik. Pertemanan membantu kita dalam mengatasi rasa stres serta membantu memulihkan berbagai masalah kesehatan dengan cepat. Menghabiskan waktu dengan teman secara positif juga bisa membuat penampilan lebih baik; karena hal tersebut membuat kita merasa lebih bahagia. 

Di moment liburan natal & tahun baru nanti, jangan lupa sempatkan healing. Selain dapat merekatkan persahabatan, juga akan membuat kita sejenak melupakan kepenatan pekerjaan hingga mengurai permasalahan duniawi yang datang silih berganti.


2. Hidup menjadi lebih berkualitas

Boleh percaya atau tidak, menurut pengalaman penulis persahabatan memiliki kekuatan untuk memperbaiki kualitas hidup kita bahkan membantu memperpanjang usia. Menghabiskan waktu bersama saat moment natal & tahun baru di penghujung tahun dengan teman-teman terdekat akan membuat hidup kita dipenuhi oleh pembicaraan yang menyenangkan, dukungan, kedekatan dari hati ke hati, serta tentunya gelak tawa yang menghibur hati. Sahabat ada di saat kita menghadapi berbagai kesulitan serta membantu kita melihat masalah dengan lebih jernih. Mereka ada saat kita sukses atau merayakan keberhasilan kita. Dengan hubungan pertemanan yang positif, hidup jadi lebih bermakna dan kita jadi lebih mudah mensyukuri hal-hal yang terjadi dalam hidup. Memiliki teman-teman yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup.


3. Hidup menjadi lebih interaktif

Komponen paling mendasar dalam setiap hubungan, mulai dari rekan kerja hingga pernikahan, didasari oleh pertemanan. Setiap orang yang hadir dalam kehidupan akan membantu mengajari kita untuk berinteraksi dengan orang lain, bagaimana cara memaafkan, bersenda gurau, serta memulai perbincangan. Mereka membantu kita berinteraksi terutama pada orang yang bertolak belakang dengan kita atau memiliki pandangan yang berbeda. Dari persahabatanlah kita bertemu dengan orang-orang baru, dan di dalam prosesnya kita belajar memahami perbedaan. Sahabatlah yang kerap membantu kita untuk mendorong batasan dan menjauhkan kita dari zona nyaman. Dan itu dilakukan sembari memberikan kita ruang diskusi yang aman secara emosional, sembari menikmati suasana malam natal & tahun baru sehingga kita dapat menjadi diri sendiri.

Merasa cukup dalam kesederhanaan & persahabatan sembari menikmati kehangatan masa luang di penghujung tahun

Point ini merupakan hal yang amat menarik bagi penulis, dikarenakan dari bahagia ini akhirnya lahirlah beberapa karya yang penulis ciptakan. Salah satunya tulisan ini. Namun, mengukur tingkat kebahagiaan satu generasi pasti akan berbeda dengan generasi sebelumnya. Penunjang pencapaian terhadap tujuan hidup pasti berbeda di tiap masa. Di generasi terdahulu, satu tempat yang memiliki akses terhadap banyak hal, seperti di kota-kota besar, adalah salah satu penunjang pencapaian kebahagiaan. Maka, di generasi tersebut banyak anak muda menjadikan perantauan sebagai salah satu cara mengejar kesuksesan. Begitupun perkembangan era digital, teknologi informasi terus berubah. Akses terhadap beragam hal tak lagi monopoli satu tempat. Orang-orang bisa menjadi apa saja di mana saja. Internet, membuat kebahagiaan dan cara-cara mencapainya berubah drastis. 

Namun, yang seringkali kita temui, apakah internet membuat kita bahagia atau justru sebaliknya?

Fakta menunjukkan bahwa orang-orang menggunakan internet, khususnya media sosial, untuk menjalin relasi dengan orang lain dan pemenuhan kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Sialnya, interaksi-interaksi tersebut dianggap sebagai pengganti interaksi di dunia nyata. Padahal, interaksi dunia maya, tak akan pernah mengganti relasi di dunia nyata. Selain itu, media sosial sebagai penampakan citra seseorang, menuntut penampilan yang sesempurna mungkin. Tuntutan-tuntutan itulah yang seringkali harus dipenuhi oleh banyak orang. Mereka rela melakukan apa saja, asalkan dikenal dan tampil sesempurna mungkin di hadapan teman-teman di dunia maya. Hal tersebut akan menimbulkan tekanan tersendiri untuk memenuhinya. Internet, dalam satu sisi berkaitan erat dengan ketidakbahagiaan jika tidak ditempatkan pada tempat yang tepat.

Internet, sebagai bagian dari kehidupan seseorang hari ini, mampu memenuhi banyak kebutuhan. Lewat opini di status, interaksi, maupun konten-konten yang mereka bagi, mampu memenuhi kebutuhan seseorang untuk merasa dibutuhkan dan didukung oleh orang lain. Begitupun kebutuhan-kebutuhan lain, misalnya, kebutuhan tentang akses informasi dan pengetahuan, internet mampu menjamin terpenuhinya hal tersebut.

Berbeda dengan pendapat sebelumnya, kebutuhan-kebutuhan yang terpenuhi lewat internet, justru membuat internet menjadi syarat mutlak kebahagiaan hari ini. Paket Internet Cepat menjadi salah satu hal yang wajib dipenuhi setiap hari. Ketika online, seseorang akan merasa bergairah, riang, dan atraktif. Sebaliknya, jika offline, seseorang mampu merasa terasing, kesepian, dan merasa tidak dibutuhkan. Internet sebagai syarat kebahagiaan, menjadi mutlak jika melihat cita-cita yang diidamkan millennial hari ini. Dari berbagai survey, profesi yang diinginkan millennial adalah profesi-profesi yang menggunakan internet sebagai sumber daya utama. Misalnya, Youtuber, travel blogger, start-up, atau bekerja di industri IT.

Bahagia dalam masyarakat modern, salah satunya bisa berarti terpenuhinya akses Paket Internet Cepat. Jika tidak, maka yang hadir kemudian adalah rasa frustasi atau stress. Pesan yang lambat terkirim, halaman yang lambat dimuat, atau video yang buffer adalah sumber stress masyarakat modern. Bahkan, stress akibat menunggu video yang buffer setara dengan stress saat menonton film horror dan justru malah merusak akhir tahun penuh kebahagiaan nantinya.

Akses internet yang sering bermasalah, operator dan pelayanan provider yang kurang responsif, dan sementara tagihan tetap berjalan rutin. Paket Internet Cepat menjadi salah satu idaman bagi semua orang. Bayangkan, betapa stress-nya sebagai bagian dari masyarakat modern yang menjadikan internet sebagai salah satu syarat kebahagiaan. Jadi, alih-alih merespon rasa stress tersebut dengan umpatan yang tidak menyelesaikan apa-apa, hal pertama untuk menjaga internet sebagai penunjang kebahagiaan, tentu saja adalah memilih provider yang tepat dan dengan pelayanan setiap saat.

Tapi tenang, untuk menghadirkan alternatif solusi, penulis menggunakan jasa provider internet IndiHome dari Telkom Group. IndiHome menjadi salah satu provider yang siap sedia melayani dimanapun dan kapanpun. Dengan Paket Internet Cepat yang tak tergantikan, menjadikan IndiHome menjadi salah satu provider favorit di masyarakat. 

Apa itu IndiHome? Layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat. Dengan jaringan terluas, IndiHome hadir untuk menjadi solusi Internet Cepat, Berkelas, dan Cerdas untuk Aktivitas Tanpa Batas. Bebas akses internet stabil, telepon rumah jernih dan tayangan TV interaktif terpopuler dengan IndiHome. Miliki layanan internet terbaik di rumah sekarang juga agar akhir tahun penuh kebahagiaan.

Untuk mengatasi masalah yang menghambat kebahagiaan diatas, salah satu yang bisa diupayakan ialah menghadirkan Internet yang cepat. Seperti kita tahu, layanan Internet IndiHome merupakan salah satu yang menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh negeri. IndiHome hadir dengan menawarkan pilihan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps. Selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Aktivitas seperti bekerja, belajar, belanja online hingga bermain games di rumah jadi lebih praktis dan nyaman. IndiHome tersedia hingga pelosok negeri dengan beragam pilihan kecepatan layanan internet sesuai dengan kebutuhan setiap golongan masyarakat.

Selain Persahabatan yang sehat, salah satu yang bisa membuat kita bahagia ialah Paket Internet Cepat. Apalagi kebersamaan di moment hari libur Natal dan Tahun baru nanti contohnya, yang merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup dan patut dirayakan. Tentu saja untuk menghadirkan akhir tahun yang penuh kebahagiaan  yang mengesankan.


Post a Comment for "Persahabatan serta Korelasinya dengan Momen Liburan Natal dan Tahun Baru"